Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Visi :
Menjadi program studi pendidikan guru sekolah dasar penghasil tenaga pendidik yang inovatif dan berbudaya skala nasional di tahun 2028.


Misi :
1) Menyelenggrakan pendidikan dan pengajaran yang kreatif dan bermutu dibidang pendidikan guru sekolah dasar
2) Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang mengadopsi nilai norma, dan etika akademik
3) Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berdaya saing sesuai dengan kebutuhan masyarakat
4) Menjalin kerjasama dengan instansi atau lembaga terkait dalam meningkatkan mutu pendidikan guru sekolah dasar
5) Menyelenggarakan tata kelola penjaminan mutu secara berkesinambungan untuk terciptanya suasana akademik yang kondusif


Tujuan :
1) Menghasilkan guru sekolah dasar yang kreatif dan bermutu
2) Menghasilkan pendidik yang bermoral dan bertanggungjawab
3) Menghasilkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat
4) Terlaksananya kerjasama dengan instansi atau lembaga sesuai dengan kebutuhan
5) Terlaksananya tata kelola penjaminan mutu secara berkesinambungan untuk terciptanya suasana akademik yang kondusif

Strategi:
Adapun strategi yang ingin di capai oleh Pendidikan Guru Sekolah Dasar Institusi Pendidikan Tapanuli Selatan adalah sebagai berikut :
1) Menyelenggarakan mata kuliah yang membantu mahasiswa untuk menjadi calon guru SD yang kreatif.
2) Mengikutsertakan mahasiswa dalam kompetisi kegiatan akademik maupun non akademik secara merdeka.
3) Menetapkan Standar IPK lulusan
4) Diberlakukan setiap mahasiswa wajib mengikuti tes kemahiran berbahasa inggris untuk persyaratan sidang skripsi.
5) Menjadikan sikap sebagai salah satu aspek penilaian setiap matakuliah.
6) Menjadikan Pendidikan karakter sebagai mata kuliah wajib
7) Memfasilitasi publikasi karya ilmiah dosen dan mahasiswa
8) Memiliki publikasi ilmiah program studi Pendidikan guru sekolah dasar yaitu JIPDAS
9) Melibatkan mahasiswa dalam penelitian dan PkM
10) Meningkatkan publikasi dosen dan mahasiswa
11) Menjalin Kerjasama dengan dinas Pendidikan kabupaten/kota dan sekolah dasar negeri/swasta sebagai tempat PPL mahasiswa PGSD
12) Melaksanakan, memonitoring, mengevaluasi, dan menindaklanjuti kerja sama yang sudah terjalin.
13) Mengadakan pertemuan dosen untuk persamaan persepsi dalam pembuatan RPS
14) Memonitoring kehadiran dosen
15) Secara berkala (setiap semester) UPM PGSD melaksanakan monitoring dan evaluasi kinerja

DAFTAR DOSEN

NONAMATEMPAT/TGL LAHIRNIDN/NIDKPENDIDIKANJABATAN AKADEMIKSTATUSKET
1Dr. H. Zulfadli,M.PdSalambue, 01 Januari 19738824930017S1. IAIN-SU
S2. UNP
S3. UNP
LektorDTTY 
2Nurbaiti,S.Pd.I,M.PdLahang, 07 September 19910107099101S1. UIN SUSKA RIAU
S2. UNP
LektorDTY 
3Sartika Rati Asmara Nasution,M.PdDesa Baru, 05 Maret 19910105039101S1. UBH
S2. UNP
LektorDTY 
4Monica Theresia,M.pdSolok, 04 Februari 19930104039302S1.UNP
S2. UNP
Asisten AhliDTY 
5Sabri, S.Pd.I,M.PdSibungke, 13 Juli 19882013078802S1. IAIN-SU
S2. UNIMED
LektorDTY 
6Royhanun Siregar,M.PdPSP, 28 Januari 19940128019401S1. UNP
S2.UPI
Asisten AhliDTY 
7Reviva Safitri,S.Pd.I,M.PdPanti, 14 Maret 19940114039402S1. IAIN-SU
S2. UNIMED
Asisten AhliDTY 
8Nurzanna,M.PdPSP, 07 Mei 19950107059501S1. UNIMED
S2. UNIMED
Asisten AhliDTY 
9Afdhal Ilahi,S.Pd.I.M.PdCerenti, 08 Januari 19920108019201S1. UIN SUSKA RIAU
S2. UIN SUSKA RIAU
Asisten AhliDTY 
10Rani Kusuma Ningtyas,M.PdTegal, 28 Juni 19970128069701S1. UNISSULA
S2. UPI
Asisten AhliDTY 
11Eko Sucahyo,M.PdPemalang, 12 Januari 19950112019501S1. UNISSULA
S2. UNNES
Asisten AhliDTY 
12Rahma Hidyathi,M.PdPSP, 07 Desember 19970107129701S1. IAIN Padangsidimpuan
S2. UNP
Tenaga pengajarDTY 
13Nia Devi Anggraini,M.PdPSP, 13 Oktober 1993S1. Unimed
S2. UNJ
Tenaga PengajarDTY 
14Jefri Faizal,S.Pd.I,M.PdBulu Gading, 08 Juli 1992S1. IAIN PSP
S2. UIN Sunan Kalijaga YOGyakarta
Tenaga PengajarDTY 

Link Terkait :

  1. Hasil Survei Monitoring Perkuliahan, Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Akademik, Sarana Prasarana

Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) berupaya memberikan fasilitas kepada mahasiswa yang akan mengikuti lomba. Selain itu prodi PGSD menjaring mahasiswa yang memiliki bakat atau talenta agar bisa menyalurkan keahlian yang dimiliki baik dalam skala lokal, nasional, maupun internasional. Prodi berupaya penuh dalam hal meraih prestasi untuk mencapai tujuan pendidikan yang unggul dan berkarakter sesuai visi misi institusi. Prodi PGSD menciptakan guru profesional yang memiliki nilai-nilai budaya serta inovatif.
Adapun data prestasi mahasiswa sebagai berikut:

1. Tahun 2020
2. Tahun 2021
3. Tahun 2022
4. Tahun 2023