Sejarah

  Institut Pendidikan Tapanuli Selatan (IPTS) merupakan transformasi dari  Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Yayasan Al-Iman yang berdiri berdasarkan akta notaris tanggal 27 Juli 1982 dan berada dibawah naungan Yayasan Al-Iman Padangsidimpuan yang dipimpin oleh Bapak H. Syahrul Hadi Lubis. Awalnya nama yang diusulkan adalah Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Nahdatul Ulama (NU) Padangsidimpuan, usulan tersebut kemudian berubah menjadi STKIP (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Tapanuli Selatan Yayasan Al-Iman.
Pada awal berdiri hanya diusulkan dua jurusan, yaitu Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Jurusan Ilmu Pendidikan. Tetapi setelah izin operasional keluar bertambah lagi menjadi Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Administrasi Pendidikan, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Ekonomi, dan Pendidikan Moral Pancasila (PMP) yang pada saat itu koordinator Kopertis Wilayah I dijabat oleh A.P. Parlindungan, S.H.
Semua jurusan di lingkungan STKIP Tapanuli Selatan memperoleh status terdaftar dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 0356/0/1984 Tanggal 18 Agustus 1984 dan ditandatangani oleh Prof. Dr. Nugroho Notosusanto, dengan jurusan meliputi:

  1. Jurusan Ilmu Pendidikan: Program Studi Administrasi Pendidikan;
  2. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial: Program Studi Pendidikan Moral Pancasila dan Kewargaan Negara dan Program Studi Dunia Usaha;
  3. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Tahun 1990 Jurusan/Program Studi memperoleh status diakui dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dengan Nomor 0284/0/1990 Tanggal 16 April 1990, dengan jurusan meliputi:

  1. Jurusan Ilmu Pendidikan: Program Studi Administrasi Pendidikan dan Program Studi Pendidikan Luar Sekolah;
  2. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial: Program Studi Pendidikan Moral Pancasila dan Kewarganegaraan, Program Studi Pendidikan Koperasi, Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Program Studi Pendidikan Sejarah;
  3. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris;
  4. Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Program Studi Pendidikan Matematika.

Pada tahun 2007 terjadi perubahan pada Jurusan IPS untuk Program Studi Pendidikan Tata Niaga dan Pendidikan Dunia Usaha Koperasi berubah menjadi Program Studi Pendidikan Ekonomi dan Konsentrasi Pendidikan Akuntansi. Perubahan ini mulai pada 1 Nopember 2007 dengan SK No: 3450/D/T/2007. Selanjutnya, pada Tahun Akademik 2008/2009 Jurusan MIPA bertambah dua Program Studi, yaitu: Pendidikan Biologi dan Pendidikan Fisika, kedua Program Studi ini sudah terakreditasi oleh BAN-PT, untuk Program Studi Fisika dengan No. 130/SK/BAN-PT/AK-PNB/S/IV/2018 dan untuk Program Studi Biologi dengan No. 128/SK/BAN-PT/AK-PNB/S/IV/2018. Selanjutnya pada tahun 2016 bertambah satu Program Studi yaitu Program Studi Pendidikan Kimia dengan nomor izin pembukaan oleh BAN-PT, yaitu No. SK:457/KPT/I/2016 dan pada tahun 2017 bertambah lagi Program Studi baru yaitu Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dengan Izin Penyelenggara Nomor SK:18/KPT/I/2017 dan Program Studi Vokasional Informatika dengan Izin Penyelanggara No. SK 447/KPT/I/2017.
Sejak berdiri sudah empat orang yang pernah menjabat sebagai Ketua, diantaranya adalah: pertama Bapak Drs. Yunirman Noerman, kedua Bapak Dr. H. Ali Pada, M.Pd, ketiga Bapak Mara Amin Harahap, S.Pd, M.Hum dan keempat hingga sekarang yaitu Bapak Drs. H. Mhd. Nau Ritonga, MM. Seiring perkembangan pendidikan dan tuntutan pasar pengguna bagi kualifikasi sarjana, STKIP Tapanuli Selatan terus membenahi diri dengan alih status dari Sekolah Tinggi menjadi Institut. Alih status ini diharapkan mampu berkontribusi memenuhi kebutuhan harapan masyarakat terutama dalam konteks pendidikan.
Tanggal 4 Desember  2017 Koordinator Kopertis Wilayah I Sumatera Utara Prof. Dian Armanto, M.Pd., M.A., M.Sc., Ph.D. didampingi Sekretaris Pelaksana Dr. Mahriyuni, M.Hum menyerahkan SK Perubahan Bentuk Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Tapanuli Selatan menjadi Institut Pendidikan Tapanuli Selatan dengan Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 647/KPT/I/2017 tertanggal 16 Nopember 2017 kepada Ketua Yayasan Al Iman Padangsidimpuan (Bapak H. Syahrul Hadi Lubis) di dampingi oleh Ketua STKIP Tapanuli Selatan (Bapak Drs. Mhd. Nau Ritonga, M.M) Di Kantor Kopertis Wilayah I Medan. dengan diberikannya SK tersebut maka STKIP Tapanuli Selatan sudah sah dan legal sebagai Institut Pendidikan Tapanuli Selatan.