Sarana dan Prasarana

Untuk mencapai visi yang telah ditetapkan, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan menyediakan sarana dan fasilitas, diantaranya:

 Kampus

Kegiatan perkuliahan dilaksanakan sepenuhnya di kampus Institut Pendidikan Tapanuli Selatan yang nyaman dan representatif yang bertempat di Kota Padangsidimpuan yang beralamat di Jl. Stn. Muhammad Arif Kelurahan Batang Ayumi Jae Padangsidimpuan.

 Ruang Kuliah

Institut Pendidikan Tapanuli Selatan memiliki ruang perkuliahan berlantai tiga yang representatif dan nyaman serta dilengkapi dengan berbagai jenis peralatan penunjang, seperti: LCD Projektor dan ruang perkuliahan dapat menampung sebanyak 40 orang mahasiswa.

 Ruang Aula

Institut Pendidikan Tapanuli Selatan memiliki dua Aula yaitu Aula A dan Aula B ditambah dengan satu ruangan Auditorium.  Aula digunakan untuk tempat pelaksanaan kuliah umum, seminar lokal/nasional yang berkapasitas + 500 orang, dan auditorium digunakan untuk melaksanakan seminar-seminar dan tempat wisuda dengan kapasitas +1000 orang.

Ruang Laboratorium

Institut Pendidikan Tapanuli Selatan memiliki ruang laboratorium sebagai tempat untuk praktek dari teori-teori yang diperoleh dibangku perkuliahan. Laboratorium ini telah dilengkapi dengan peralatan praktek sesuai dengan bidang ilmu yang akan dipraktekkan. Laboratorium Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, yaitu :

  1. Laboratorium Bahasa;
  2. Laboratorium Fisika;
  3. Laboratorium Biologi;
  4. Laboratoriun Kimia;
  5. Laboratorium Micro Teaching.

Ruang Perpustakaan

Institut Pendidikan Tapanuli Selatan memiliki Perpustakaan yang dilengkapi dengan berbagai jenis buku sebagai bahan literatur atau bahan bacaan bagi mahasiswa dan dosen. Koleksi buku perpustakaan diantaranya buku dengan berbahasa Indonesia dan berbahasa Inggris. Selain itu juga tersedia skripsi, majalah, jurnal-jurnal ilmiah, buletin, koran harian dan mingguan serta buku-buku ilmu pengetahuan lain. Ruang Perpustakaan berada di lantai 2 yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti: kursi, meja dan rak buku.

Ruang Yayasan

Yayasan adalah penyelenggara Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Yayasan ini bernama Yayasan Al Iman Padangsidimpuan. Pengurus yayasan Al Iman terdiri dari: Ketua, Sekretaris dan Bendahara.

Ruang Senat

Senat merupakan badan normatif dan perwakilan tertinggi di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Ketua senat adalah pimpinan Institut Pendidikan Tapanuli Selatan dan didampingi oleh seorang sekretaris yaitu Wakil Rektor 1 bidang akademik. Senat terdiri dari unsur pimpinan (Rektor dan para Wakil Rektor), Ketua Program Studi, kepala unit dan satu orang dosen program studi. Fungsi senat sebagai wakil sivitas akademika dalam menetapkan norma dan etika, mensyahkan rencana akademik, mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaannya serta memberikan pertimbangan kepada Rektor dalam mencapai tujuan Institut Pendidikan Tapanuli Selatan.

Fungsionaris Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

  1. Rektor Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Rektor adalah pimpinan dan penanggung jawab utama Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, dan penanggung jawab langsung kepada yayasan dan kepada pemerintah melalui kopertis.

Wakil Rektor I

Wakil Rektor I atau Wakil Rektor bidang akademik adalah pimpinan di bawah Rektor dalam memimpin pelaksanaan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta melaksanakan pembinaan serta mengkoordinasikan kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan pengembangan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Wakil Rektor II

Wakil Rektor II adalah Wakil Rektor dalam melaksanakan pembinaan, pengelolaan perguruan tinggi dalam bidang keuangan dan administrasi umum, memimpin, mengarahkan, mengkoordinasikan dan mengawasi kegiatan di lingklungan  Institut yang berkaitan dengan keuangan, kepegawaian, perlengkapan, kerumah tanggaan dan ketatausahaan.

Wakil Rektor III

Wakil Rektor III adalah Wakil Rektor dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan dibidang pembinaan serta layanan kesejahtraan mahasiswa, alumni, dan pengabdian  pada masyarakat, melakukan koordinasi dengan staf pengajar dalam pelaksanaan pembinaan mahasiswa, melaksanakan orientasi serta melakukan kegiatan mahasiswa baik dalam seni budaya dan olahraga sebagai bagian dari civitas akademika atau sebagai tugas pendidikan tinggi.

Ketua Program Studi

Ketua Program Studi adalah pimpinan program studi yang bertanggungjawab atas perencanaan dan penyelenggaraan program studi, pengelola SDM dan fasilitas akademis lainnya. Selanjutnya, Pragram studi adalah unsur pelaksana akademik yang melaksanakan pendidikan dalam bidang ilmu pendidikan. Untuk menunjang kelancaran proses belajar mengajar dan administrasi mahasiswa, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan menyediakan ruangan untuk Program Studi-Program Studi. Ruang Program studi pendidikan matematika ruang 7, Program Studi fisika ruang 6, Program Studi biologi ruang 3, Ruang Program Studi Pendidikan bahasa dan Sastra Indonesia ruang 10, ruang pendidikan bahasa Inggris 16  ,Ruang Program Studi pendidikan Ekonomi dan Akuntansi ruang 4, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ruang 9, Program Studi Pendidikan Sejarah ruang 8, ruangan Pendidikan Prodi Kimia 5 dan ruang program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar 19 Klinik ruang 2.

Dosen

Ruang dosen disediakan baik untuk dosen yayasan, dosen biasa maupun dosen luar biasa. Ruang dosen ini dapat digunakan untuk ruang tunggu saat menunggu waktu mengajar, tempat konsultasi mahasiswa atau tempat membimbing skripsi mahasiswa. Ruang dosen berada di ruang 18.

Badan Penjamin Mutu (BPM)

Badan Penjamin Mutu (BPM) adalah unsur institut dalam memantau dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan dalam mendukung program-program institusi tentang penjaminan mutu akademik.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) adalah lembaga yang mengkoordinir pelaksanaan penelitian ilmiah dan pengabdian masyarakat.

BAUK

Biro Administrasi Umum dan Keuangan (BAUK) adalah unsur pembantu pimpinan dibidang administrasi umum dan keuangan. Biro ini berada di bawah koordinator Wakil Rektor II. Biro Administrasi Umum dan Keuangan (BAUK) bertugas untuk memberikan pelayanan administrasi dibidang keuangan, pengelolaan perlengkapan/logistik, kerumahtanggaan, kepegawaian dan ketatausahaan.

BAAK

Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) adalah suatu biro yang menangani segala sesuatu yang berkaitan dengan penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan dan administrasi akademik bagi seluruh mahasiswa Institut Pendidikan Tapanuli Selatan.

HUMAS

Hubungan masyarakat atau yang disingkat dengan HUMAS Adalah unit kerja yang membidangi kerja sama baik dalam lingkungan kampus Institut Pendidikan Tapanuli Selatan maupun dengan instansi-instansi lain di luar kampus Institut Pendidikan Tapanuli Selatan.

Bimbingan dan Konseling (BK)

Bimbingan dan Konseling disebut Counseling Guidance adalah unit yang memberikan pelayanan kepada mahasiswa dalam hal pembinaan-pembinaan mahasiswa.

Musholla

Institut Pendidikan Tapanuli Selatan memiliki musholla sebagai tempat untuk melaksanakan ibadah sholat bagi dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa yang beragama Islam.

 Pos Kesehatan Mahasiswa

Pos kesehatan mahasiswa disediakan untuk melayani mahasiswa, staf, dan dosen yang perlu mendapat pengobatan. Sebagai tenaga medisnya terdiri dari 2 (dua) orang dokter dan 1 (satu) orang perawat.

Ruang Administrasi Umum

Ruang Administrasi Umum disediakan untuk melayani mahasiswa yang membutuhkan Surat Keterangan, Keuangan dan legalisasi ijazah bagi alumni.

UPT Bahasa Inggris

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bahasa merupakan lembaga pelayanan dalam bidang kebahasaan. UPT bahasa ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan berbahasa bagi dosen, mahasiswa dan masyarakat luas dalam rangka pengembangan aktivitas akademik dan profesionalitas.

UPT. PUSDAKOM

Pusat Data dan Komputer (PUSDAKOM).Pusdakom adalah unit pelaksana teknis di bidang pengolahan data yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Rektor dan pembinaannya dilakukan oleh Wakil Rektor I dan BAAK.

PUSDAKOM berfungsi sebagai tempat untuk mengumpulkan, mengolah, menyajikan dan menyimpan data dan informasi serta memberikan layanan untuk program-program pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

UPT. Lembaga Kemahasiswaan

Lembaga kemahasiswaan di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan diantaranya terdiri dar Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Majelis Permusyawaratan/Perwakilan Mahasiswa (MPM). BEM  adalah organisasi pelaksana kegiatan pengembangan kemahasiswaan di tingkat Institut terutama yang berhubungan dengan pengembangan penalaran dan keilmuan, pengembangan sikap, kepemimpinan dan keterampilan manajemen, serta pengembangan pengabdian kepada masyarakat. Selain itu, BEM juga menjadi koordinator dalam kegiatan pengembangan kemahasiswaan dilingkungan Institut.

Majelis Permusyawaratan/Perwakilan Mahasiswa (MPM) adalah lembaga tertinggi organisasi mahasiswa dalam forum perwakilan mahasiswa di tingkat Institut untuk menampung dan menyalurkan aspirasi mahasiswa di lingkungan Institut.

 Anjungan Tunai Mandiri (ATM)

Institut Pendidikan Tapanuli Selatan bekerjasama dengan BNI Padangsidimpuan menyediakan ATM di Kampus IPTS. ATM ini digunakan untuk membantu keperluan mahasiswa, staf, dosen, maupun masyarakat dalam pengambilan dan mentransfer uang.

Cafetaria/Kantin

Institut Pendidikan Tapanuli Selatan menyediakan cafetaria dan beroperasi setiap hari kerja. Cafetaria melayani seluruh sivitas akademika Institut Pendidikan Tapanuli Selatan.

Fasilitas Olahraga

Fasilitas olahraga disediakan untuk menunjang minat dan bakat baik mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan Institut Pendidikan Tapanuli Selatan.